Home » Berita » DITERIMA : Bakal Pasangan Calon Perseorangan Ojak Naibaho & Mhd. Effendy Siregar Serahkan Syarat Dukungan Kepada KPU Kota Pematangsiantar

DITERIMA : Bakal Pasangan Calon Perseorangan Ojak Naibaho & Mhd. Effendy Siregar Serahkan Syarat Dukungan Kepada KPU Kota Pematangsiantar

Pematangsiantar, kpu-pematangsiantarkota.go.id – Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Tahun 2020, Pasangan Ojak Naibaho dan Mhd. Effendy Siregar bersama Tim Pendukung  menyerahkan dokumen syarat dukungan dan persebarannya kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Pematangsiantar pada Minggu, (23/02/2020).

Penyerahan syarat dukungan dan persebaran Bakal Pasangan Calon Perseorangan Walikota dan Wakil Walikota dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Tahun 2020 ini sesuai dengan Keputusan KPU Kota Pematangsiantar No. 58/PP.01.2-Kpt/1272/KPU-Kot/XI/2019 Tentang Perubahan Atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Pematangsiantar No. 55/PP.01.2-Kpt/1272/KPU-Kot/X/2019 Tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Pematangsiantar Tahun 2020, dimana jadwal penyerahaannya diberi waktu selama 5(lima) hari yakni terhitung sejak 19-23 Pebruari 2020.

Terkait jumlah dukungan yang diserahkan. Berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Pematangsiantar Nomor  56/PL.02.2-Kpt/KPU-Kot/X/2019 tentang Penetapan Syarat Jumlah dan Persebaran Dukungan bagi Pasangan Calon Perseorangan Peserta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 ditetapkan bahwa Jumlah Minimum Dukungan sebesar 17.910 (tujuh belas ribu sembilan ratus sepuluh) Dukungan dan Minimum tersebar di 5 (lima) Kecamatan dalam Wilayah Kota Pematangsiantar.

Penyerahan Dukungan Bakal Pasangan Calon Ojak Naibaho – Mhd. Effendy Siregar yang diterima Komisi Pemilihan Umum Kota Pematangsiantar, jumlah dukungan yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum melebihi standar minimum dari yang ditentukan KPU Kota Pematangsiantar atau dengan prosentase dukungan mencapai 107,50%.

Tercatat dalam dokumen syarat calon Model B.2-KWK Perseorangan, jumlah dukungannya adalah 19.254 pendukung dari dukungan minimal sejumlah 17.910 yang ditetapkan dan tersebar di  8 Kecamatan se-Kota Pematangsiantar dari 8 kecamatan yang ditetapkan sebagai patokan minimal.

Selain dokumen syarat calon Model B.2-KWK Perseorangan asli dan salinan yang diserahkan, Bakal Pasangan Calon Perseorangan Ojak Naibaho dan Mhd. Effendy Siregar juga menyerahkan dokumen lain yang wajib diserahkan, yakni.

  1. 1(satu) rangkap asli surat pernyataan dukungan masing-masing pendukung yang ditempel dengan fotokopi KTP Elektronik atau dilampiri Surat Keterangan (Formulir Model B.1-KWK Perseorangan);
  2. 1(satu) rangkap asli dan 1(satu) rangkap salinan, hasil cetak Model B.1-KWK Perseorangan yang dicetak dari Silon dan ditandantangani oleh Bakal Pasangan Calon Perseorangan; dan
  3. 1(satu) rangkap asli Model B.2-KWK Perseorangan

Selanjutnya, terhadap dokumen dukungan dan persebarannya, Komisi Pemilihan Umum Kota Pematangsiantar melakukan penelitian hingga pukul 21:00WIB. Penelitian sebagaimana dimaksud adalah mengecek dan menghitung jumlah dokumen dukungan asli berupa formulir Model B.1-KWK Perseorangan; mengecek dan menghitung jumlah dukungan yang tercantum dalam formulir Model B.1.1-KWK Perseorangan; menghitung persebaran dukungan yang tercantum dalam formulir Model B.2-KWK Perseorangan; dan mengecek kesesuaian jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum formulir Model B.2-KWK Perseorangan dengan pemenuhan syarat jumlah dukungan dan sebaran.

Seperti diketahui, penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon diterima langsung oleh Ketua KPU Kota Pematangsiantar bersama Anggota disaksikan juga oleh Bawaslu Kota Pematangsiantar. Hadir pula dalam kesempatan ini adalah Bapak Batara Manurung, Anggota Ketua KPU Provinsi Sumatera Utara yang sebelumnya sudah dijadwalkan untuk mengunjungi KPU Kota Pematangsiantar dalam rangka supervisi dan monitoring terkait penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan.